Jumat, 03 Maret 2017

Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphonemu


Nusantara - Istilah dari negara Indonesia yang memiliki banyak sekali keragaman, mulai dari Suku, Agama, Ras, dan Budaya, mungkin Indonesialah negara terkaya dari negara-negara lainnya yang ada di dunia ini. Termasuk dalam kuliner, Nusantara ini merupakan negara yang berkepulauan yang pastinya memiliki selera kuliner tersendiri. Misalnya, seseorang yang tinggal di daerah pesisir pantai tentu mempunyai cita rasa yang berbeda dibandingkan orang yang tinggal di pedalaman. Namun, satu hal yang pasti. Jangan sampai karena keragaman itu, kita sesama Bangsa Indonesia harus berselisih. Justru sebaliknya, semoga dengan keragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia ini akan lebih mempererat tali persaudaraan antarkita. Jayalah Indonesia, dan Tetaplah Bersatu seperti Dahulu!


Nah, berbicara soal kuliner,
berhubung saya tinggal di Kabupaten Majalengka, belum terlalu terkenal juga sih, tapi saya bangga dengan Majalengka. Karena bukan hanya destinasi wisata yang bisa didapatkan di kabupaten ini, melainkan kulinernya juga bisa kita nikmati. Apalagi, kuliner khasnya Majalengka. Huuuuuuhhhh... Kamu pasti ketagihan deh kalau pernah nyoba, walaupun hanya sekali. Eitss, dan jangan lupa yaa.. Saat kamu mencicipi berbagai macam makanan atau wisata ke mana pun, Abadikan momenmu itu dengan Smartphone AsusZenfone yang sudah menggunakan PixelMaster Camera sehingga kamu dapat memotret objek dengan berbagai mode yang tentunya akan menjadikan hasil jepretanmu itu lebih keren. Gak percaya? Coba saja sendiri.

Oh iya, tadi kita membahas tentang Makanan Khas Majalengka. Kamu pasti penasaran, memangnya apa saja sih makanan itu sampai bisa bikin ngiler segala? Yuk, kita simak sama-sama.


1.) Mangga Gedong Gincu





Wuuuuuhhhhh... Yummi, sudah terlihatkan? Bagaimana mempesonanya mangga khas majalengka ini. Saking diakuinya, mangga gedong gincu ini dijadikan sebuah simbol dalam bunderan yang ada di Majalengka, tepatnya di Bunderan Cigasong.



Dari gambar mangga gedong gincu sendiri, kamu bisa melihat betapa menawannya mangga ini. Warnanya yang kemerah-merahan, dagingnya yang begitu empuk, dan rasa manisnya yang sangat akrab di mulut. Uhh, bikin tidak tahan deh jika hanya melihatnya. Humm... Lidah kamu akan dibawa berselancar saat buah mangga gincu ini menempel pada lidahmu. Ah, pokoknya coba aja sendiri deh.


2.) Serabi Oncom Khas Majalengka





Nah, untuk yang satu ini mungkin sudah pada tahu. Namun, serabi khasnya majalengka itu berbeda. Jika kamu pernah merasakan serabi yang di dominasi dengan rasa asin, atau serabi bandung yang rasanya manis, di Majalengka kamu bisa menemukan serabi asin bertabur oncom di atasnya yang membuat rasa lebih gurih di banding serabi-serabi biasa yang kamu beli. Pokoknya rasa serabi ini gurih dan nikmat, sangat reccomended untuk kamu pecinta kuliner.


3.) Durian Majalengka




Gimana nih bayangan kamu tentang durian? Wuuuhhh... Pasti wanginya itu lho yang langsung bikin kamu melayang. Ditambah lagi warna kuningnya yang anggun membuat para penikmat durian semakin tergila-gila.



Di Majalengka, ada sebuah desa yang menyumbangkan kontribusi besar terhadap perkembangan durian, Desa Sinapeul namanya. Penghasil durian majalengka ini akan memberikan sebuah suguhan baru bagi kamu yang suka kuliner. Ya, wajib dicoba! Karena tekstur durian majalengka ini berbeda, lembut dan dagingnya melimpah. Selain itu, rasanya yang legit menghasilkan aroma yang begitu legit pula. Pastinya akan membuat kamu ketagihan, atau mungkin akan banyak membelah durian di tempat penjualnya. Wah, wah, memang bikin meleleh.


4.) Oncom Goreng Khas Majalengka





Kamu tahu oncom? Ya, hampir mirip seperti tempelah bentuknya. Hanya saja oncom ini berwarna merah kejinggaan, dan proses fermentasinya juga sedikit berbeda dengan tempe. Tapi bukan itu yang akan dibahas, ini tentang oncom goreng yang menjadi salah satu makanan khas majalengka.

Rasa oncom goreng lumayan enak dan gurih, Sangat Cocok untuk dijadikan camilan atau sebagai teman untuk makan. Oncom goreng menjadi salah satu menu favorit rekan-rekan dan para wisatawan yang berkunjung. Rasa favorit para pengunjung adalah original dan pedas manis. Pokoknya mantab ! Oncom goreng Sudah banyak di jual di pusat oleh-oleh, pasar tradisional, dan supermarket di daerah majalengka.


5.) Krupuk Melarat Khas Majalengka





Jreng.. Jreeng... Krupuk Melarat.

Waduh, dari namanya kayak krupuk orang miskin ya? Eits, tapi jangan salah. Walaupun namanya krupuk melarat namun terus terang, krupuk ini kayak akan rasa dan bisa langsung akrab dengan lidah orang indonesia.

Krupuk Melarat merupakan krupuk yang di goreng tidak menggunakan minyak. Kerupuk ini dimasak hanya mengunakan pasir panas. Hal inilah yang nantinya akan membuat krupuk jadi mengembang. Tahap selanjutnya adalah dibumbui supaya rasa kerupuk semakin sedap. Dulu, terbesit dalam hati kalau digoreng menggunakan pasir, kenapa pasirnya tidak menempel dengan kerupuk, ya?. Yah, walau sampai kini saya belum pernah melihat prosesnya langsung, akan tetapi ibu saya pernah bilang kalau orang-orang zaman dulu memang seperti itu, selalu menggoreng kerupuk dengan pasir.

Ada dua jenis rasa yang bisa kamu nikmati dalam krupuk melarat ini, yaitu rasa pedas dan rasa asin. Kerupuk ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga. Tak hanya itu kerupuk melarat khas majalengka juga sangat cocok untuk menemani makanan lain seperti rujak, baso dan lauk-pauk lainnya


Cukup deh, makanan khas majalengka yang saya sarankan untuk kuliner kamu. Oh iya, kalau jalan-jalan, seharusnya bisa mengabadikan momen dalam smartphonemu. Tapi, kadang kala hasil jepretan dari smartphone itu kurang memuaskan, ya? Yah, memang karena fitur dalam smartphone kamu mungkin belum mumpuni untuk hasil jepretan yang menawan.

Maka dari itu, saya akan memberi saran untuk kamu supaya menggunakan AsusZenfone yang sudah dilengkapi dengan PixelMaster Camera.

Jangan dulu tanya kenapa, karena saya akan menjelaskan 13 Foto Kreatif yang Bisa Kamu Ciptakan dengan ASUSZenFone

ASUS saat ini memiliki empat ponsel andalan dengan OS Android, yaitu ASUS ZenFone 4, 5, 6 dan yang terbaru adalah ZenFone 2. Keempat produk tersebut memiliki spesifikasi berbeda-beda. Namun, ada satu kesamaan yang terletak pada kameranya. ASUS menyematkan teknologi yang sama di semua liniZenFone, yaitu ASUS PixelMaster Camera.

PixelMaster Camera adalah sebuah teknologi yang dikembangkan ASUS untuk kamera smartphone dengan menggabungkan tiga unsur, yakni software, hardware, dan desain lensa. Teknologi ini membuat kamera smartphone ASUS dapat menghasilkan foto dan video yang bisa dibilang cukup memuaskan, baik untuk kondisi siang maupun malam hari.

1. Mode Auto



Sesuai dengan namanya, semua pengaturan yang ada diatur secara otomatis. Kita tinggal memotret saja. Semua pengaturan tentang pencahayaan, white balance, fokus, ISO, dan sebagainya dilakukan secara otomatis oleh kamera.



2. Mode HDR


Pada mode HDR (High Dynamic Range), kamera mengambil dua gambar dalam sekali jepret. Satu gambar diambil dengan pencahayaan kurang dan satu gambar lainnya dengan cahaya lebih. Kedua gambar tersebut digabungkan untuk menghasilkan gambar dengan cahaya yang sempurna. Mode ini biasanya digunakan ketika memotret objek yang membelakangi sumber cahaya atau biasa disebut “backlight”.





3. Mode Night


Sesuai dengan namanya, mode ini digunakan saat memotret pada malam hari. PixelMaster akan menyesuaikan tingkat kepekaan cahaya dan menaikkan kontras warna.





4. Selfie


Foto selfie biasanya dilakukan menggunakan kamera depan. Namun, karena resolusi kamera depan biasanya lebih kecil, gambar yang dihasilkan pun tidak terlalu bagus. Nah, mode Selfie ini memungkinkan kamu membuat foto selfie menggunakan kamera belakang. Meski pada saat memotret kamu tidak bisa melihat layar, mode Selfie ini memiliki sensor untuk mendeteksi wajah yang ada di depan lensa. Jika wajah kamu sudah masuk dalam frame dan terdeteksi, maka tombol shutter akan bekerja secara otomatis dalam hitungan mundur selama tiga detik.



5. Depth of Field


Mode ini berguna untuk menciptakan efek latar belakang blur. Saat memotret objek, kamera mengambil gambar sebanyak dua kali. Pengambilan gambar pertama untuk menangkap objek dengan fokus, sedangkan proses yang kedua untuk membuat latar belakang blur. Proses keseluruhan memotret menggunakan mode Depth of Field memakan waktu kurang lebih tiga detik. Selama proses ini berjalan, usahakan tangan kamu tetap stabil.





6. Time Rewind


Dengan mode Time rewind, kamu tidak perlu khawatir lagi kehilangan moment saat memotret. Pasalnya, kamera dapat merekam gambar selama dua detik sebelum menekan tombol shutter dan satu detik setelah menekan tombol shutter. Pada rentang waktu tersebut, kamera menangkap gambar sebanyak 31 foto. Dengan begitu, kamu memiliki banyak pilihan foto dan bisa memilih mana yang terbaik.




7. Panorama



Mode Panorama memungkinkan kamera menangkap gambar dari sekeliling kamu seluas 360 derajat dalam sekali jepret. Kamu bisa mulai mengambil gambar dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya. Arahkan kamera ke bawah atau ke atas untuk mengakhiri proses pengambilan gambar.



8. Low Light


Mode Low Light biasanya digunakan saat memotret di tempat atau ruangan yang minim cahaya. Dengan mode ini, kamera menyesuaikan ukuran pixel dan algoritma image-processing. Mode Low Light akan meningkatkan kepekaan kamera hingga 400%, mengurangi noise, dan menaikkan kontras warna hingga 200%.




9. Miniature



Mode Miniature mirip dengan mode Depth of Field. Hanya saja, pada mode Miniature ini kamu dapat mengatur luas area objek yang akan dibuat fokus. Ada dua model fokus yang disediakan, yakni bentuk lingkaran dan bentuk memanjang. Khusus yang bentuknya memanjang kamu bisa memutarnya hingga menjadi vertikal, miring, atau horizontal.





10. Smart remove


Smart remove memungkinkan kamera menghilangkan bagian objek foto yang bergerak atau blur. Mode ini biasanya digunakan pada saat memotret objek di tengah keramaian. Saat proses pengambilan gambar, kamera akan menangkap lima gambar dalam sekali jepret. Selanjutnya, PixelMaster akan mendeteksi bagian gambar dengan objek bergerak dan menghapusnya secara otomatis.






11. All Smile


Pada mode ini, kamu dapat memotret wajah dengan senyuman. Kamera akan mengambil lima gambar dalam sekali jepret sehingga kamu memiliki lima pilihan gambar untuk menentukan gambar mana yang pas sesuai dengan keinginan kamu.




12. Beautification



Mode Beautification banyak digunakan saat memotret wajah wanita. Di dalamnya terdapat lima fitur untuk mempercantik wajah, seperti Chicks Thinning untuk mengecilkan dagu, Eyes Enhancement untuk memperbesar bola mata, Blush untuk memerahkan pipi dan bawah mata, Skin Brightening untuk mencerahkan wajah, dan Skin Softening untuk menghaluskan kulit wajah.






13. Gif Animation


Mode terakhir yaitu GIF Animation, saat ini gambar GIF dengan animasi cukup terkenal dan banyak yang menggunakannya untuk semacam MEME fun bahkan sarkasme, GIF Animation memungkinkan kamu membuat animasi GIF dengan mudah. Tekan dan tahan tombolshutter, maka kamera akan mengambil gambar maksimal hingga 30 foto dan digabungkan menjadi animasi GIF.



Yakin mau pilih yang lain setelah AsusZenFone menyediakan fitur-fitur di atas? Kayaknya tidak, yah. Yaudah, segera miliki AsusZenfone sebagai Smartphone untuk mengabadikan momen kamu!


Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel</>.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Views

Diberdayakan oleh Blogger.

Wajib Dibaca

Manfaat Madu Hitam

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalaamu'alaikum,          Selamat pagi, sudah lama saya tidak buka blog. Biasalah, motivasi saya itu masih...