Senin, 12 Juni 2017

Persiapan Masuk Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate





Setiap manusia yang dilahirkan, ditakdirkan untuk bisa bertahan hidup di muka bumi ini. Akan tetapi, hidup di dunia ini bukanlah hidup yang sekadar menarik dan menghembuskan nafas. Manusia butuh makan, butuh minum, dan butuh tempat tinggal untuk melindungi dirinya dari berbagai macam serangan alam. Maka untuk memenuhi seluruh kebutuhan itu, manusia harus bekerja
.

Sebelum masuk ke dunia kerja, tentunya harus ada berbagai macam persiapan. Seperti halnya saat kamu masuk ke dunia pendidikan, hal yang perlu kamu persiapkan tentunya berbagai macam perlengkapan alat tulis, di dunia kerja pun sama, ada hal yang harus kamu persiapkan sebelum masuk ke dalamnya. Apa sajakah itu?

1. Fisik



Sesuai dengan peraturan perundang-undangan No. 20 Tahun 1999 tentang Ratifikasi Konvensi ILO No. 138 Tahun 1973 mengenai Batas Usia Minimum Diperbolehkan Bekerja ialah 18 tahun. Hal ini dikarenakan pada saat umur 18 tahun kondisi fisik seseorang sudah mulai stabil dan pola pikirnya sudah mulai dewasa. Kondisi kesehatan fisik yang baik akan menunjang terpenuhinya segala kebutuhan produksi dalam perusahaan, maka sekarang banyak perusahaan yang selalu melakukan tes fisik sebelum mengangkat calon karyawannya. Kamu bisa membayangkannya sendiri bagaimana jadinya jika kondisi fisikmu lemah tetapi pekerjaan menuntutmu untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat, alhasil kamu pasti kewalahan dan kemungkinan terburuknya, kamu dikeluarkan dari perusahaan.

Sebelum itu terjadi, mari tingkatkan kualitas fisikmu guna mempersiapkan diri masuk dunia kerja dengan cara:

*. Jogging, minimal 20 menit/hari
*. Push-Up, minimal 30x/hari

Luangkan waktumu untuk masa depan dunia kerjamu!

2. Mental




Mental, kenapa mental harus dipersiapkan?

Pernahkah kamu dimarahi orang tua/guru? Rasanya pasti menakutkan, padahal dia sedang menasihatimu. Bila mentalmu lemah, setelah itu kamu pasti terpuruk, tapi bila mentalmu kuat, kamu akan bangkit dan mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dalam dunia kerja, saat kamu melakukan kesalahan, hal yang sama bisa saja menimpamu. Jangan kaget jika atasanmu memarahi dengan sangat kasar. Namun yang perlu diingat, dia bukan ingin menjatuhkanmu. Justru sebaliknya, dia sedang menasihatimu, berusaha memotivasi supaya kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan sekali dimarahi kamu langsung berhenti bekerja. Itu berarti mentalmu masih lemah. Jelaslah, mulai saat ini latihlah mental itu, mental baja yang harus dimiliki seorang calon karyawan.

3. Kontrol Emosi




Mengontrol emosi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali emosi langsung tercermin dalam attitude, dan attitude yang buruk tentunya tidak disukai banyak orang, termasuk perusahaan.

Tips saya, supaya bisa mengendalikan emosi adalah meditasi. Karena saat meditasi saya mampu merasakan ketenangan dan di saat yang tenang inilah biasanya saya berdzikir mengingat Allah swt. sehingga ketika emosi saya terpancing, cukup dian lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan maka emosi kembali reda.

4. Kenali Potensi Diri





Kenali potensi yang kamu miliki, dan asah terus sehingga potensi itu bisa sangat terlatih, lalu carilah pekerjaan yang sebidang dengan potensimu supaya kamu lebih nyaman dalam bekerja. Selain itu, kamu juga harus mengenali dirimu, apa kekuranganmu dan apa kelebihannya. Carilah solusi untuk mengakhiri kekuranganmu dan pertahankanlah kelebihan yang kamu punya, atau kembangkan menjadi lebih baik lagi supaya lebih berpotensi untuk berprestasi. Dan bekerja di bidang potensimu bisa memberikan kenyamanan saat bekerja.

5. Tekad





Inilah yang sering terlupakan saat akan masuk dunia kerja. Saat kamu memiliki fisik yang baik, mental yang kuat, emosi yang terjaga, dan potensi yang besar tapi tekadmu untuk bekerja terlalu lemah, maka kamu tidak akan bisa bertahan lama di dunia kerja, hanya satu bulan - dua bulan, lalu kamu keluar dari perusahaan karena merasa jenuh, bosan, capek disebabkan tekadmu untuk bekerja terlalu lemah. Sebaliknya, jika fisikmu lemah, mentalmu cengeng, emosimu jelek, dan potensimu buruk, tapi tekadmu kuat. Kamu akan berusaha memperbaiki fisikmu, kamu akan memperkuat mentalmu, kamu akan belajar mengontrol emosimu, dan kamu akan berjuang mengenali potensimu serta mengembangkannya dengan tekad yang kuat. Bahkan ketekunan, keuletan, disiplin, jujur, semuanya bisa kamu dapatkan dengan tekad yang kuat.

Jadi, tekad yang kuat untuk bekerja sangatlah diperlukan sebelum masuk dunia kerja. Siapkan tekadmu untuk menghadapi kerasnya dunia ini. Bulatkan tekadmu untuk bekerja sebaik mungkin dan raihlah kesuksesan!

Sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Views

Diberdayakan oleh Blogger.

Wajib Dibaca

Manfaat Madu Hitam

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalaamu'alaikum,          Selamat pagi, sudah lama saya tidak buka blog. Biasalah, motivasi saya itu masih...