Jumat, 17 Juli 2020

Tips Supaya Bisa Bangun Untuk Shalat Tahajud

Assalaamu'alaikum

     Kali ini saya akan menceritakan rahasia saya sendiri yang belum pernah saya ceritakan sebelumnya pada siapa pun. Bukan pelit, tapi karena saya belum bisa melakukan apa yang saya ketahui jadi malu rasanya kalau misalkan saya ngasih tahu orang tapi diri saya sendiri tidak melakukannya. Tips ini sebenarnya udah saya ketahui lumayan lama, dan saya baru benar-benar menerapkannya minggu-minggu ini. Karena itulah saya berani menulisnya sekarang. Tolong doakan, semoga saya bisa Istiqamah, Aaamiin.

Ini adalah tips supaya bisa bangun untuk shalat tahajud. Karena biasanya yang susah itu bangunnya kalo menurut saya,

1. Tidur Awal Supaya Bangun Awal

     Syarat shalat tahajud adalah harus tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakannya. Tidurnya mungkin bisa, tapi bangunnya sulit. Inilah yang selalu jadi masalah.
     Akan Tetapi, pernah nggak kamu ketiduran padahal masih jam 8, atau jam 9, atau setelah Isya kamu ketiduran? Pernah gak tidur jam segitu? Pernah nggak? Saya yakin pasti pernah. Dan coba inget baik-baik, tiap kali ketiduran jam segitu, tengah malamnya kamu pasti terbangun. Kadangkala buat tidurnya lagi itu susah. Pernah gak ngalamin kejadian kayak gitu? Saya rasa hampir semua orang pernah mengalaminya. Bagi yang belum pernah, coba aja setelah shalat isya kamu langsung tidur.
     Nah, saya sendiri pernah mengalami kejadian itu. Dan, ketika saya tahu kalau tidur lebih cepat itu bisa membangunkan saya di malam harinya, tinggal manfaatkan saja kejadian yang secara alami bisa dirasakan semua orang itu. Saya hanya tinggal tidur lebih awal, niatkan dalam hati bahwa saya tidur untuk bangun dan saya bangun untuk menyembah Allah di shalat Tahajud. Insya Allah, kita bisa bangun nanti di malam harinya.

2. Paksakan

     Masalah supaya bangun tengah malamnya saya sudah tahu nih, tapi masalah yang lain datang. Seringkali ya, meskipun saya sudah tidur lebih awal, dan malam harinya saya bisa bangun, tapi cuman bisa buka mata doang. Itu juga masalah. Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah dengan memaksakan tubuh untuk bangun. Udah paksakan aja untuk bangun. Jangan langsung berdiri, duduk aja dulu. Matanya buka, buka terus, jangan ditutup lagi. Mulai langkahkan kaki, turun dari kasur, ambil air wudhu.

3. Lebih Banyak Makan Sayur

     Ini tips yang saya dapatkan baru-baru ini. Biasanya pas bangun pagi itu kaki saya rasanya berat, terus kayak ada rasa sakitnya. Tapi sekarang, saat saya kurangi makan-makanan berminyak dan lebih banyak makan sayur dan buah. Entah cuman perasaan aja atau emang bener, tapi faktanya rasa sakit dan berat di kaki saya pas bangun tidur itu berkurang, malah hampir tidak ada. Oh iya, lebih banyak minum air putih juga. Ih enak banget asli, banyak minum air putih, nggak makan-makanan berminyak, badan terasa lebih ringan, coba aja. Maksud saya, kalau badan ringan pas bangun, Insya Allah bangun untuk shalat tahajudnya juga lebih mudah.

4. Jangan Takut

     Ini buat yang penakut sih ya, soalnya saya orangnya penakut. Beneran, penakut parah kalo dalam hal-hal mistis kek gitu. Takut dengan yang gelap-gelap. Hehe
     Tapi, kalau mau shalat tahajud, saya dipaksa harus berhadapan dengan ketakutan itu. Gimana cara atasinya? Tidur awal, udah. Bangunnya, bisa. Paksain buat buka mata, ambil air wudhu juga bisa. Tapi pas mau shalat, atau pas mau ambil air wudhunya orang yang penakut seperti saya hatinya selalu digoda dengan hal-hal aneh, kayak gini, "Bayangin dibalik pintu ada..." atau, "Itu yang putih-putih kayak..." atau, "Itu yang tergeletak warna item bentuknya bulat kayak..." wah parah dah pokoknya. Imajinasinya kalo di tempat gelap itu banyak yang gitu-gitu. Untuk mengatasinya sih saya sendiri seperti ini,

  • Jangan nonton film horor atau sesuatu yang menurut saya menyeramkan. Karena kalau kita tahu kita takut dengan 'hantu', tapi masih nonton film horor, nantinya bakal kebayang terus, jadi lebih baik hentikan nonton film horor. Sedangkan Sesuatu yang menyeramkan itu contohnya, saya pernah lihat video tentang orang-orang yang gantung diri, dilihatin orang yang udah mati masih terikat tali, nggak di sensor pula. Waaah, berhari-hari kebayang terus tuh, apalagi ada yang anak kecil, mungkin umur 10 tahunan, gantung diri. dan pas mau shalat tahajud pun hati saya digoda itu kebayang terus, jemuran pakaian aja jadi kelihatan orang yang gantung diri. Parah banget kan. makanya mendingan jangan nonton film horor dah
  • Paksakan aja, takut juga paksakan aja karena itu cuma imajinasi kita. Saya meskipun penakut, digoda dengan hal-hal kek gitu, tinggal lawan aja gini, bilang sama hati, "Itu cuma imajinasi saya, coba mana sini, gak ada kan" pokoknya lawan aja rasa takutnya. Kalau ada rasa takut tiba-tiba dibelakang ada sesuatu, lihat aja, gak akan ada apa-apa kok. Kalau udah dilihat bilang ke hati, "Tuh kan gak ada", yakin itu bisa buat lebih berani.
  • Lebih takutlah kepada Allah. Ini yang harus ditanamkan dalam hati, takutlah hanya kepada Allah. Saya sendiri punya doa pribadi, karena saya tahu kalau saya ini penakut. doanya seperti ini. "Yaa Allah, saya tahu kalau saya ini penakut. Tapi buatlah hati saya lebih takut kepada-Mu dibanding dengan hal lainnya. Malahan, buatlah saya tidak takut dengan apapun kecuali Engkau, karena rasa takutku hanya pada-Mu."
5. Wudhu Sebelum Tidur

     Ini juga penting. Jangan males wudhu sebelum tidur ya. Paksakan, paksakan, paksakan.

6. Jangan Pegang Hp

     Kalau masih pegang hp, sampai jam berapa pun rasanya sanggup buat bangun, bisa sampe begadang malahan, ya kan? Makanya hp harus ditaruh. Saya pribadi hpnya diputar lantunan ayat Al Qur'an. Apalagi buat kamu yang punya hafalan harian, atau mau sekadar murajaah aja sebelum tidur, euh cocok tuh. Download aja aplikasi Al Qur'annya. Ini saya punya App yang bagus, app yang saya gunakan ini emang cocok buat hafalan Al Qur'an. Bisa mutar Al Qur'an dari ayat sekian ke ayat sekian, dan bisa mau diputar perayatnya berapa kali, atau mau berapa kali putaran ayatnya, bisa. Kalau mau tahu bilang aja ya.
 
Untuk tipsnya, dari saya mungkin hanya itu saja kah. Tips yang emang udah bisa saya lakukan. Semoga bisa dilakukan juga buat orang lainnya.



Ada hal luar biasa yang saya ketahui dari Rasulullah Shalallahu 'alahi wa sallam, dari hadits ini:

أنَّ رسولَ الله – صلى الله عليه وسلم – كان يكرهُ النَّومَ قَبْلَ العِشَاءِ والحَديثَ بَعْدَهَا
 “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyukai tidur sebelum shalat ‘Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” [HR. Bukhari & Muslim]

Ternyata Saya mengetahui kalau tidur setelah isya itu bisa membangunkan di malam hari sebelum saya tahu hadits ini. Terus saya juga pernah dengar kisah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau setelah isya kalau tidak ada yang perlu dibicarakan dengan keluarganya, beliau langsung beranjak tidur.
Saya berpikir, wah ternyata tidur setelah shalat isya ini adalah salah satu kebiasaan Rasulullah shalallahu 'alahi wa sallam. Luar biasa.

Oh iya, kalau kamu mau shalat tahajud, sebelum tidur pastikan selalu minta kepada Allah supaya membangunkanmu untuk shalat. Mintanya jangan lupa tambahkan, "...dengan cara yang baik."

Cerita tambahan nih, soalnya pernah saya minta Allah supaya bangunkan saya, tapi cuman minta dibangunkan doang. Dan bener Allah bangunkan, tapi cara membangunkannya itu lho.

Cerita Kepala saya dipenggal
     Pernah Allah bangunkan saya dengan mimpi kalau kepala saya dipenggal. Ini yang paling saya ingat. Cerita di mimpinya itu saya pas di medan perang, saya jadi salah satu pemimpin pasukan muslimin. Nah, sebelum perang dibuat dulu perjanjian peraturan perang dengan pemimpin pasukan kaum kafir. Ketika perjanjian sudah dibuat, saya bersama para pemimpin pasukan lainnya berbalik arah kan, dan baru beberapa langkah, tiba-tiba ada orang-orang dari kaum kafir mendekat, pas saya mau ambil pedang, kepala saya udah lepas duluan. Saya pun langsung bangun segera, karena itu mimpi.
     Bangun dalam kondisi emosi, kesel karena saya mati sebelum saya menebas 1 musuh Allah seorang pun. Itu kesel banget, makanya pas bangun tidur saya minta, "Yaa Rabb.. jika saya dikirim ke medan perang untuk berjihad, saya tidak mau mati sebelum saya menebas musuh-musuhmu sebanyak-banyaknya" dan satu lagi yang buat saya kesel. Kesel karena Allah bangunkannya dengan cara seperti itu. Hehe... Tapi saya tahu kok, kan saya tidak bilang tolong bangunkannya dengan cara yang seperti apa. Makanya meskipun kesel, itu karena kesalahan saya sendiri. Demi Allah, Allah Maha Benar.

Jadi, kalau minta dibangunkan, mintanya dengan cara yang baik. Pun kalau mengalami kejadian serupa seperti saya, berarti itulah cara terbaik menurut Allah.

Alhamdulillah... panjang banget ya, tapi saya seneng akhirnya bisa nulis cerita ini. Terima kasih yang udah mampir untuk baca, sekian dulu untuk Catatan Saya hari ini.

Semoga bermanfaat ya.

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Views

Diberdayakan oleh Blogger.

Wajib Dibaca

Manfaat Madu Hitam

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalaamu'alaikum,          Selamat pagi, sudah lama saya tidak buka blog. Biasalah, motivasi saya itu masih...